Tips dan Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa

Tips dan Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa - Menjaga badan tetap sehat saat berpuasa. Puasa adalah kegiatan dimana kita menahan segala nafsu baik dari segi makanan, nafsu seksual atau nafsu dalam berbuat tindakan yang buruk dari imsak hingga maghrib. Selama kurang lebih 12 jam, tubuh kita tidak menerima makanan atau minuman apapun sehingga saat berpuasa orang akan terasa lemas dan tidak bertenaga.

Padahal saat berpuasapun orang harus tetap menjalani semua aktivitasnya. Maka dari itu, berikut ada beberapa tips sehat menjaga badan tetap sehat saat berpuasa. Semoga bermanfaat bagi anda!
Tips dan Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa
Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sahur adalah waktu menjelang fajar terbit atau lebih tepatnya terjadi sebelum adzan shubuh berkumandang. Saat sahur inilah makanan yang kita konsumsi untuk "bertahan hidup" selama kurang lebih 12 jam harus diperhatikan. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dinilai efektif untuk disantap saat sahur.

Karbohidrat kompleks didapatkan melalui beras dan kacang. Karbohidrat jenis ini ternyata membutuhkan proses pencernaan yang lambat sehingga diharapkan mampu untuk mengurangi rasa lapar selama proses puasa dijalani.

Berbuka dengan makanan yang mengandung glukosa atau gula. Saat berpuasa, kita memang dilarang untuk makan atau minum sebagai upaya untuk menahan nafsu tadi. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa walaupun dalam keadaan berpuasa, aktivitas tetap harus dijalankan. Energi untuk menjalani aktivitas tadi didapatkan saat makan sahur.

Jadi saat berbuka pasti cadagan energy yang kita miliki sudah habis untuk menjalani aktivitas di siang hari tadi. Maka untuk mengganti energy yang hilang tadi diperlukan makanan yang mengandung glukosa atau gula.

Minum air yang cukup. Saat sahur dan berbuka usahakan selalu minum air putih agar mencegah dehidrasi. Jangan minum minuman dengan kadar kafein yang tinggi apalagi saat sedang sahur karena kafein dapat menambah nafsu makan.
Jangan lupa olahraga. Olahraga diperlukan agar kebugaran tubuh selalu terjaga. Usahakan untuk melakukan jalan-jalan ringan agar otot tidak kaku.

Semoga beberapa Tips dan Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Berpuasa diatas mampu membantu anda untuk selalu tetap sehat saat berpuasa. Semoga ibadah puasa anda dapat berjalan dengan lancar dan diterima oleh Tuhan. Untuk yang mungkin butuh jadwal bisa melihat secara uptodate untuk jadwal sholat dan jadwal buka puasa.